Kimia Farma & Kalbe Sinergi Layanan Kesehatan Berbasis Digital

Berita, Teknologi14 Dilihat

Jakarta: PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) bersinergi dan
berkolaborasi dalam memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Indonesia.
 
MoU antara kedua perseroan tentang pengembangan kerja sama strategis bidang layanan kesehatan ini menjadi landasan strategis bagi kedua perusahaan termasuk afiliasi atau entitas anak usahanya untuk melakukan kerja sama melalui berbagai aktivitas, kegiatan, dan transaksi.
 
Pada saat yang sama, PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter), anak perusahaan Kalbe yang bergerak di bidang bidang layanan Kesehatan berbasis digital dan PT Kimia Farma Apotek (KFA), anak perusahaan Kimia Farma di sektor ritel kesehatan, menandatangani dua perjanjian kerja sama.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, perjanjian kerja sama tentang penebusan obat secara online dengan resep digital dan fisik (e-prescription dan non e-prescription) melalui aplikasi KlikDokter dan melalui marketplace KALStore yang dilakukan pelayanannya melalui outlet apotek KFA. Kedua, perjanjian kerja sama tentang layanan telemedicine melalui video call pada aplikasi Kimia Farma Mobile.
 
Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk David Utama mengatakan Kimia Farma sebagai perusahaan healthcare terintegrasi dari hulu ke hilir dan menjadi bagian dari Holding BUMN Farmasi di bawah PT Bio Farma (Persero), terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.
 
 

 
“Peningkatan kualitas layanan dan akses kesehatan ini telah dilakukan Kimia Farma melalui berbagai kolaborasi dengan para mitra strategis. Kami bangga bisa berkolaborasi dengan salah satu industri farmasi terbesar di Tanah Air, Kalbe Farma. Kami berharap kerja sama Kimia Farma dan Kalbe Farma dapat meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan kepada masyarakat,” tutur David, dalam keterangan resmi, Sabtu, 2 September 2023.
 
David menjelaskan, MoU pengembangan kerja sama strategis bidang layanan kesehatan ini menjadi bentuk komitmen Kimia Farma dan Kalbe dalam mendukung program kesehatan pemerintah melalui upaya preventif dan promotif. MoU juga mencakup kolaborasi pemasaran dan penjualan masing-masing produk kedua perusahaan baik secara offline maupun online.
 
“Kerja sama Kalbe dan Kimia Farma bagian dari kontribusi bersama untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Bersama Sehatkan Bangsa. Kalbe adalah perusahaan kesehatan global swasta Indonesia, yang terus berinovasi untuk menyediakan produk dan layanan kesehatan berkualitas dengan misi Kalbe meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik,” jelas kata Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius.
 

Kolaborasi layanan digital

Menurut Vidjongtius, pada tahap awal, kerja sama dengan Kimia Farma akan dilakukan oleh KlikDokter, anak perusahaan Kalbe yang bergerak pada layanan kesehatan berbasis digital kesehatan. KlikDokter akan bekerja sama dengan KFA untuk proses penebusan obat secara online melalui aplikasi KlikDokter untuk obat resep dan nonresep serta melalui marketplace KALStore untuk produk nutrisi, suplemen, dan produk kesehatan lainnya. Kerja sama berikutnya adalah layanan telemedicine melalui video call pada aplikasi Kimia Farma Mobile.
 
Direktur Utama KFA Agus Chandra,  menuturkan melalui kerja sama dengan KlikDokter, KFA memperluas ekosistem omnichannel-nya dengan menggandeng ekosistem Kalbe Farma Group. Para konsumen dan masyarakat, katanya, dapat mengakses melalui aplikasi KlikDokter untuk layanan obat dan dokter secara online, kemudian resep dokter akan disalurkan ke outlet-outlet KFA yang tersebar dari Aceh hingga Papua, dari Talaud hingga Kupang.
 
“KFA siap memberikan layanan resep dokter dari masyarakat yang menggunakan aplikasi KlikDokter. Kemudian para tenaga apoteker profesional di seluruh outlet kami akan menyiapkannya termasuk menyediakan berbagai produk Kimia Farma dan Kalbe. Dengan demikian KFA makin menegaskan diri sebagai perusahaan integrated healthcare ecosystem dan sejalan dengan slogan baru: Ingat Sehat Ingat Kimia Farma,” kata Agus Chandra.
 
Menurutnya, saat ini beberapa produk Kalbe sudah tersedia di 1.247 outlet Kimia Farma yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat dapat memperoleh produk Kimia Farma dan Kalbe di outlet-outlet Kimia Farma melalui online maupun offline.
 
“Melalui kerja sama ini, pelanggan KlikDokter dapat segera menebus obat yang diresepkan oleh dokter diaplikasi KlikDokter. Hal ini memberi akses konsumen kepada obat-obatan menjadi lebih mudah dan cepat. Konsumen juga dapat memonitor proses pengiriman obat sehingga dapat diketahui dengan jelas status pengirimannya,” ujar Presiden Direktur KlikDokter Hendra Tjong.
 
Hendra Tjong juga menambahkan, dokter-dokter yang tergabung dalam KlikDokter dapat memberikan layanan konsultasi kesehatan khususnya melalui video call di aplikasi Kimia Farma Mobile, termasuk juga peresepan digital, penebusan resep, dan pengantaran obat.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AHL)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Polisi Olah TKP Kebakaran Perkantoran di Dekai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *