Perusahaan Penasihat Keuangan Ini Akan Berhenti Beroperasi

Berita, Teknologi16 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Money Owl, Perusahaan penasihat keuangan “bionik” yang didirikan oleh NTUC Enterprise Co-operative, akan berhenti beroperasi¬†setelah beroperasi lima tahun terakhir atau sejak 2018.

Mengutip The Business Times (BT), selama setahun terakhir, biaya operasional yang tinggi dan pendapatan yang rendah dari klien menimbulkan pertanyaan serius mengenai kelayakan komersialnya. Upaya untuk menjual bisnis atau mencari mitra lain terhambat oleh model bisnisnya sebagai wirausaha sosial.

Tinjauan yang dilakukan oleh perusahaan dan NTUC Enterprise menyimpulkan bahwa bisnis tersebut tidak akan layak secara komersial, dan keputusan telah dibuat untuk memindahkan sumber daya ke area lain di mana NTUC Enterprise dapat memberikan dampak sosial yang lebih besar.

Kepala eksekutif MoneyOwl, Chuin Ting Weber mengatakan, perusahaan tersebut “terprogram” untuk misi sosialnya. Model bioniknya menggabungkan robot dengan nasihat manusia.

“Kami bukan sekedar penasihat keuangan atau robo. Kami ingin melakukan perencanaan keuangan untuk pasar massal… Ada kesenjangan di pasar, namun tidak ada pasar untuk kesenjangan tersebut,” ujarnya dikutip Jumat (1/9).

Tidak seperti penasihat robo lainnya yang sebagian besar berfokus pada investasi dan layanan portofolio, MoneyOwl didirikan untuk menyediakan perencanaan keuangan yang komprehensif. Ini menawarkan empat layanan utama yaitu perencanaan keuangan, layanan investasi, surat wasiat dan asuransi.

Perencanaan keuangan pada awalnya gratis atas dasar promosi. Bekerja sama dengan NTUC, layanan ini disubsidi secara besar-besaran untuk anggota serikat pekerja dan perusahaan yang tergabung dalam serikat pekerja.

MoneyOwl adalah satu dari hanya dua robo yang diizinkan menawarkan layanan investasi untuk Skema Investasi CPF. Yang lainnya adalah Endowus.

Namun sebagai perusahaan sosial, MoneyOwl bukanlah organisasi nirlaba. Sejak awal perusahaan ini diharapkan dapat mandiri secara finansial, meskipun Weber menegaskan bahwa perusahaan tersebut tidak akan berupaya untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga  Pertahankan Harga Diri, Begini 4 Cara Menerapkannya!

Modal disetor awalnya adalah S$ 10 juta. 60% sahamnya dimiliki oleh NTUC Enterprise dan 40% oleh Providend Holding, yang bisnis DIYInsurance-nya diambil alih oleh MoneyOwl.

Providend melakukan divestasi dari MoneyOwl tahun lalu. Weber mengindikasikan bahwa perusahaan saat ini memiliki modal disetor sebesar S$ 12 juta.

Weber mengatakan, MoneyOwl membangun basis kontak sebanyak 91.000, termasuk yang ada di daftar emailnya. Dari jumlah tersebut, 45.000 akun dibuat. Sekitar 23.000 orang mendaftar untuk salah satu dari empat layanannya. Namun hanya sekitar 10% atau 9.700 yang memilih layanan yang menghasilkan pendapatan, yang menunjukkan bahwa hanya sedikit yang bertindak sesuai rencana keuangan mereka.

Sayangnya, meskipun banyak yang menyadari pentingnya perencanaan keuangan, sebagian besar tidak mengambil tindakan lebih lanjut, dan hanya sedikit yang bersedia membayar biaya perencanaan keuangan atau membeli produk investasi atau asuransi yang menghasilkan pendapatan

“Selain itu, banyak dari solusi kami yang sesuai dengan tujuan dirancang dengan biaya rendah untuk memberikan manfaat bagi klien pasar massal. Hal ini, ditambah dengan tingginya biaya yang terkait dengan akuisisi klien, pengembangan teknologi, dan tenaga kerja yang digaji penuh, menjadikannya tantangan untuk mencapai kelayakan komersial,” ungkapnya.

Sementara, Kepala eksekutif grup NTUC Enterprise Seah Kian Peng mengatakan, MoneyOwl bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Singapura untuk membuat keputusan keuangan yang bijaksana dan menjalani kehidupan terbaik mereka.

“Kami senang melihat bagaimana MoneyOwl telah memberikan hasil perencanaan keuangan yang lebih baik bagi banyak keluarga di Singapura dan berterima kasih kepada pelanggan MoneyOwl atas dukungan mereka yang berkelanjutan selama bertahun-tahun,” sebutnya.

Bisnis investasi dan asuransi MoneyOwl akan dialihkan ke iFast Financial, yang akan menjangkau klien MoneyOwl mulai bulan September. Klien investasi dapat bertransaksi di portal MoneyOwl hingga 24 Oktober, dan dapat melakukannya di portal iFast mulai 25 Oktober.

Baca Juga  IHSG Perkasa Dua Pekan Beruntun, Sempat Terbang ke 7.000

MoneyOwl mempekerjakan 40 staf dan telah memberi tahu mereka tentang keputusan untuk berhenti. Tujuh staf akan bergabung dengan iFast. Bagi mereka yang akan di PHK, mereka akan menawarkan paket kompensasi yang adil dan setara sesuai dengan norma pasar.

Untuk memastikan transisi yang lancar, Weber mengatakan iFast akan mempertahankan biaya portofolio MoneyOwl saat ini untuk klien MoneyOwl. Akses terhadap dana biaya tambahan oleh Dimensional Fund Advisors (DFA) juga akan terus berlanjut, meskipun hal ini tidak sejalan dengan model iFast, yang mengumpulkan biaya tambahan.

Klien juga dapat terus mengakses layanan perencanaan keuangan MoneyOwl dan akan menulis online hingga 15 Desember, setelah itu semua layanan online MoneyOwl dan login akun akan dinonaktifkan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Makin Banyak Orang Indonesia Tidak Bayar Pinjol

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *