Pos PGA Imbau Warga Jauhi Radius Bahaya Karangetang

Berita, Teknologi24 Dilihat

Kepulauan Sitaro: Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, meminta warga agar tidak beraktivitas di radius bahaya Gunung Karangetang yang telah direkomendasikan.
 
“Masyarakat dan wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan),” kata Ketua Pos PGA Karangetang Yudia P Tatipang di Manado, Sabtu, 26 Agustus 2023.
 
Warga juga diminta tidak melakukan aktivitas di area perluasan sektoral ke arah barat daya selatan tenggara sejauh 3,5 kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yudia meminta warga agar mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu akibat penumpukan material lava sebelumnya karena kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama ke sektor selatan, tenggara, barat, dan barat daya.
 

“Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai,” ujarnya.
 
Dia menyebutkan, pada periode pengamatan pukul 12.00 WITA hingga 18.00 WITA, secara visual gunung tampak berkabut, asap kawah tidak teramati, sementara bunyi guguran lava terdengar agak kuat.
 
“Tingkat aktivitas Gunung Karangetang level III status siaga,” terang dia.
 
Gunung Karangetang erupsi efusif pada awal Februari 2023, statusnya dinaikkan dari waspada level dua menjadi siaga level tiga setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik beberapa waktu lalu.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MEL)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Menteri Erick Thohir Bilang Kasus Jiwasraya Rampung 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *